RSS

Yang Kontroversial Yang Terkenal

11 Jan

Semua Serba Kontroversial

Sepanjang sejarah manusia modern, kontroversi adalah kata ajaib yang selalu menarik perhatian. Marilyn Monroe dan Madonna pernah menjadi kontroversi dalam sejarah melalui penampilan dan atraksi panggungnya. Semakin kontroversial aksinya, maka mereka akan semakin terkenal.

Kita masih ingat, di awal era millenium aksi dan goyangan Inul Daratista menjadi sesuatu yang kontroversial. Di kala itu, kalau Inul sedang manggung – walau di tengah kontroversi – segala macam aksi gila-gilaan Britney Spears atau Shakira menjadi tidak ada artinya.

John Lennon di akhir era 70-an menuai kecaman karena bertindak kontroversial – menikahi Yoko Ono, seorang berdarah Jepang. Padahal sekarang ini perkawinan antar etnis bukan hal aneh. Bahkan menjadi trendsetter di kalangan selebritis jika bisa memperoleh pasangan dari etnis Eropa atawa Amrik.

Sewaktu saya menikmati masa remaja di SMA Negeri di tahun 1983-an, beberapa teman siswi menggunakan jilbab ke sekolah. Maka, jadilah jilbab sebagai isu panas yang kontroversial. Walaupun di era 90-an hal ini menjadi sesuatu yang biasa.

Buku “membongkar Gurita Cikeas” adalah sebuah kontroversial di penghujung tahun 2009. Karena saat ini – masyarakat Indonesia – sedang menikmati masa 100 hari kepemimpinan Presiden SBY dengan suguhan drama sinetron Bank Century.

Jadi, apa sih kontroversial itu??

Setelah membolak-balik kamus saya hanya menemukan ini : “controversial” adalah “sesuatu yang sedang diperdebatkan” atau “sesuatu yang sedang dalam sengketa”.

Tetapi pemahaman publik dan media tidak sama dengan bahasa kamus. Sesuatu menjadi kontroversial karena berbeda dengan pandangan umum. Jadi, pendatang baru di dunia artis harus pintar-pintar mengemas diri agar “berbeda” dan mudah dikenal. Contoh saja Kuburan Band atau almarhum Mbah Surip. Pokoke Nyeleneh! Dijamin lebih gampang ngetop.

Belum genap 12 tahun yang lalu, saat saya bekerja di sebuah proyek di satu wilayah di Jawa Timur. Saat itu saya bertemu seorang kaya di desa tempat proyek dilaksanakan, dan berikutnya saya digadang-gadang oleh orang tua itu agar menjadi menantunya. Hah! Padahal putri bapak tua itu, sebut saja – Mawar Kembang Desa – baru berusia 12 tahun dan masih bersekolah di SMP. Alhamdulillah, saya menolak. Padahal saat itu menikahi gadis berusia 12 tahun bukan kontroversial lho! Pernikahan usia dini baru menjadi kontroversial setelah dilakukan oleh Syekh Puji.

Jadi kontroversial itu sebenarnya hanya sebutan saja kan! Tergantung zaman dan pandangan umum. Sebutan kontroversial hanyalah satu sesi sejarah dalam perjalanan kita. Maka, kalau pikiran sudah terbuka, kita akan membenarkan falsafah Jawa : OJO GUMUNAN yang artinya “jangan mudah terheran-heran”.

Biasa sajalah.

Jadi, nikmati saja sore hari ini dengan secangkir teh atau kopi susu di gelas yang kontroversial didesain berbeda ini.

(Sumber foto : click here)

Mudah-mudahan tamu yang disuguhi tidak merasakan adanya kontroversi.

Sebab menurut saya bukan gelasnya, tapi harganya yang mencapai $ 12.98 itulah yang kontroversial (sekitar Rp. 120.000 ghetoo).

 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Januari 2010 in Cerita Miring

 

Tag: , , , , , , , ,

18 responses to “Yang Kontroversial Yang Terkenal

  1. Kakaakin

    11 Januari 2010 at 17:59

    Tambah diperdebatkan, tambah populer deh🙂
    Tapi saya tetap tidak berkenan minum di cangkir tolilet😦

     
    • wardoyo

      11 Januari 2010 at 20:18

      padahal cangkirnya mahal banget lho…

       
  2. Kakaakin

    11 Januari 2010 at 18:01

    Apakah si Aki sedang beraksi ya😕😕

     
  3. Kakaakin

    11 Januari 2010 at 18:02

    Rupanya aki lagi rajin ngeronda nih…
    Kalo gitu saya permisi saja🙂

     
    • wardoyo

      11 Januari 2010 at 20:14

      Iya nih… lagi muterin kampung artis.

       
  4. Fitri

    12 Januari 2010 at 08:13

    Yang kontroversi ternyata hanya berlaku pada saat tertentu, ya?

     
    • wardoyo

      12 Januari 2010 at 10:13

      Kalau melihat perjalanan sejarah sepertinya memang demikian.
      Sesuatu menjadi kontroversial karena ada yang memperdebatkan dan mempermasalahkan. Kalau didiamkan ya jadi sekedar catatan sejarah saja…

      Terimakasih @fitri untuk sapaannya di pagi hari.

       
  5. sedjatee

    13 Januari 2010 at 07:08

    Salam hangat untuk para sahabat
    Semoga kita selalu bersemangat
    Merangkai kata menyusun kalimat
    Persaudaraan bloger indonesia semakin kuat

    sedj

     
  6. mas tyas

    13 Januari 2010 at 11:04

    ojo nggumunan lan ojo kagetan, tambah lagi ojo gampang ngersulo, filosofi tinggi yang mendidik untuk hidup ayem tentrem dan siap menghadapai segala bentuk perubahan. sip!

     
    • wardoyo

      13 Januari 2010 at 12:47

      memang itu filsafat sepanjang zaman

       
  7. batavusqu

    18 Januari 2010 at 13:20

    Salam Takzim
    Hehehe ada ada saja endingnya secangkir teh hangat tanpa bumbu lain-lain, tege ga tega keminum juga xixixixi
    Salam Takzim Batavusqu

     
    • wardoyo

      18 Januari 2010 at 15:13

      terimakasih sudah minum di sini …
      jangan muntah ya kang.

       
      • zipoer7

        21 Januari 2010 at 13:31

        Walau teras manis tehnya tapi tetep mual wakakakak. maap
        Salam Takzim Batavusqu

         
  8. bundadontworry

    18 Januari 2010 at 13:52

    tambah dibicarakan, tambah populer.
    dan, yang membicarakannya pun bisa gak habis2.
    tapi, ngomong2 biarpun harganya mahal, saya gak tegel kayaknya kalau minum teh ditempat yg kayak gitu…………iiiikh……
    salam.

     
    • wardoyo

      18 Januari 2010 at 15:19

      ha..ha..ha.. hanya sebuah cangkir kok
      terimakasih untuk kunjungannya bunda

       
    • zipoer7

      21 Januari 2010 at 13:31

      bundaaaaaaaaaa

       
      • wardoyo

        21 Januari 2010 at 13:38

        whaallah… ada apa?

         
  9. RIZKI OKTOPRIADI

    19 Juli 2014 at 01:15

    lewat kontroversi itulah semua orang akan tertuju padanya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: