RSS

Tentang Simbol Dan Lambang

21 Mei

Kenapa begini? Kenapa begitu?

Bangsa Indonesia memang sangat menghargai sejarahnya, sampai-sampai para ‘founding father’ kita dahulu berusaha untuk mengorek sisa-sisa serpihan sejarah, mencocok-cocokkan fakta, menyusun argumen lalu akhirnya menciptakan simbol dan lambang negara yang kita pakai sekarang. Begitu pentingnya simbol dan lambang ini hingga keberadaan akar sejarahnya menjadi pembenar dan hadirnya sekarang tidak pernah dipertanyakan lagi.

Burung Garuda

Walaupun sebagian orang mencibir dan meremehkan simbol ini yang katanya njiplak banget, tetapi sebenarnya simbol garuda bukanlah hal yang baru. Ia berumur lebih tua dari elang ‘Falcon’ Amerika. Kita bisa memperoleh gambarannya di sekitar tahun 1000-an.

Simbol ini dipakai oleh Raja Kahuripan – Sri Prabu Airlangga yang setelah pensiun jadi Raja menjadi pertapa yang bergelar Resi Jatayu (Jatayu = Garuda; ingat juga kisah Ramayana waktu Shinta ditolong Jatayu).

Bendera Merah Putih

Ini yang paling aneh dalam simbol Indonesia. Simbol ini tidak dipakai oleh kerajaan besar tetapi oleh Prabu Jayakatwang untuk menunjukkan identitas pasukannya. Simbol merah putih adalah simbol Adipati Gelang-gelang. Seorang raja pemberontak yang bahkan dalam riwayat raja-raja Jawa namanya disingkirkan, tetapi simbolnya dipakai teruuusss.
Lihat saja dalam silsilah Singhasari namanya tidak dicantumkan – karena raja terakhirnya adalah Kertanegara. Dalam silsilah Majapahit juga tidak mungkin ada. Jadi, dimana posisi Prabu Jayakatwang? Kalau sebagai Raja tidak diakui silsilahnya, kenapa simbol pasukannya malah diterima dan dipakai sampai sekarang?

Bhinneka Tunggal Ika

Kalau yang ini jelas Majapahit banget, disebut dalam Negarakertagama, walaupun sebagian orang bilang mirip semboyan di ‘falconnya Amrik”.

» Kenapa gak pake simbol Phinisi Nusantara? Bukankah Indonesia negara maritim?

Tidak bisa ….. soalnya orang Jawa gak pintar bikin perahu!!

» Lebih baik simbolnya Borobudur aja! Kan diakui sebagai Cagar Budaya dunia!!

Lebih gawat lagi …. nanti Ulama dan para Romo bisa marah semua!!

****

(telah diterbitkan pada 21 Mei 2009, revisi terakhir 20 Agutus 2009)

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2009 in Catatan Sejarah

 

Tag: , , , ,

3 responses to “Tentang Simbol Dan Lambang

  1. cendaku

    21 Mei 2009 at 07:23

    Justru aku mempertanyakan nama “Indonesia”. Nama yang asing dan susah diucapkan lidah kita.

     
  2. jprust

    24 Mei 2009 at 12:09

    Mengenai kata “Indonesia” akan saya tulis kemudian. Terimakasih.

     
  3. Anonim

    4 Mei 2014 at 13:57

    lebih banyak lagi dong tentang sejarah indonesia

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: