RSS

Kertanegara dan Kekuasaan Maritim

18 Mei

Sejarah Yang Janggal

Tidak bisa dipungkiri, bahwa di masa lalu Singhasari di bawah Sri Maharaja Kertanegara dan Majapahit di masa Gadjah Mada adalah kerajaan besar.

Namun ada beberapa aspek yang bisa menjadi obyek kajian sejarah yang menarik dalam menyikapi fakta sejarah (?) tersebut. Pertanyaan-pertanyaan kritis selalu bermunculan. Masalahnya adalah apakah ada tersedia jawaban yang memadai. Logika sejarah yang ruwet akhirnya hanya akan memunculkan banyak pertanyaan, misalnya :

1. Kertanegara memiliki armada laut yang kuat (katanya?), dan sudah melakukan berbagai ekspedisi hingga Campa, tetapi mengapa datangnya ribuan pasukan Tartar th 1292-1293 yang menyerbu Jawa tidak tercover oleh para panglimanya? Ribuan orang dari Mongol pasti kan menaiki ratusan kapal yang kalau beriring-iringan di selat Bangka atau laut Jawa pasti mencolok dan kelihatan.

2. Mengapa Mahisa Anabrang datang terlambat (dari ekspedisi Pamalayu) dan sama sekali nggak tahu ada penyerbuan Mongol, malah sibuk memboyong dua putri (Dara Petak & Dara Jingga) buat upeti kepada raja??? Apa gak ketemu armada Mongol di jalan??

3. Kalau memang benar Kertanegara adalah penguasa Maritim dan raja besar, mestinya dia punya armada laut yang setidaknya terdiri dari 200 – 300 kapal (dengan asumsi jumlah prajurit kerajaan sekitar 20.000 orang, separuhnya atau duapertiganya adalah armada laut). Kemana semua itu? Kalau semua armada laut dibawah komando Mahisa Anabrang, berarti Sanggrama Wijaya juga setidaknya memiliki warisan armada yang sama, karena setelah kembali dari ranah melayu sang komandan laut itu mengabdi pada Sanggrama Wijaya !! Padahal, belum ada ceritanya Wijaya ngurusin kapal. Mahisa Anabrang juga gak jadi Admiral, malah pusing ngurusin keponakannya yang jagoan – Ronggolawe.

Kemana perginya Armada Laut Kertanegara??

Jangan-jangan semua cuma isapan jempol sejarah?? Jangan-jangan armada Mahisa Anabrang hanya satu-dua kapal saja (seperti Cournelis de Hottman tahun 1500-an, jauh2 datang dari Netherland dengan 50-an anak buahnya, trus berkoar-koar di tempat asalnya dan mengatakan kalau sudah memiliki koloni yang disebut Hindia Belanda??)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Mei 2009 in Cerita Miring

 

Tag: , , ,

2 responses to “Kertanegara dan Kekuasaan Maritim

  1. bob

    20 Mei 2009 at 13:57

    mungkin bukan kapal besar mas yg dibicarakan,,,tapi cuma rakit yang bisanya nyebrang sungai doang….!!!!!!!

     
  2. bang pudin

    28 Juni 2015 at 11:01

    menarik, saling berkaitan dengan sebab jatuhnya singasari oleh serangan Gelang-gelang (Jayakatuang)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: